Tv Sharp 21" bermesin China Gambar Tv Berbayang Air

Assalaamualaikmum.. 

Salam dan sukses selalu buat murid-murid dan sahabat - sahabat sesama teknisi di manapun berada.
Kali ini saya akan menjelaskan tentang servis atau reparasi TV tabung bermerk sharp yang sudah berganti mesin dengan tv china :) dengan gambar berbayang air.. , perlu diketahui Gambar berbayang air pada tv tabung ini ada 2 macam :
1. Beriak air 
sifatnya tidak lebih dari 25% dari layar dan motif nya lebih seperti pusaran pusaran gelombang, biasanya muncul lebih dekat ke sudut layar tabung, dan sifatnya permanen (tetap) tidak bergetar/goyang. apabila menemukan gejala semacam ini, yakinlah kerusakan tersebut pada tabung CRT nya, yang sudah melemah. 

2. Bergelombang air
Sifatnya hampir menyeluruh dari layar  dan motifnya lebih hampir mirip gejala vertikal / horizontal (spt gelombang defleksi yoke), gelombang tersebung bergetar/bergoyang. penampakannya seperti di bawah ini..


Hal seperti ini, disebabkan tegangan suply ke seluruh bagian defleksi ada yang tidak beres..
setelah dibuka ternyata ternyata mesin tv nya sudah kulapengan ditambah bonus potongan sendal tetangga yang dipake ganjal Switch ON/OFF 😬
maaf dengan penampakannya :)
ok, pertama-tama apabila menemukan gejala semacam ini yang perlu dicek adalah seluruh tegangan supply diantaranya :
1. B+   = 115v
2. Tegangan Vertikal = kebetulan yg ini pake 27V  (biasanya 24v )
3. Tegangan RGB = 185v
4. Tegangan 12v


Setelah saya cek semua tegangan tidak ada masalah, berarti masalah ada pada elconya yang menyupply tegangan - tegangan tersebut, padahal klu dari fisiknya masih layak pakai.
Berawal dari penggantian elco B+ 47mf/160V tapi tidak membuahkan hasil.. elco supply kebagian vertikal pun (470mf/35v) juga saya ganti, namun tak ada sedikitpun yang berubah, setelah itu penelusuran pun berlanjut ke elco bagian RGB dengan nilai 10mf/250v tapi tetap gelombang Raster tidak mau menghilang dari layar..

dan akhirnya saya memutuskan untuk mengecek bagian tegangan 12v dan mengganti  elco yang terhubung kesana .. diantaranya elco 470mf/16v. dan ternyata memang dari bawah sudah kelihatan kekeringan.


Setelah saya ganti dan coba nyalakan kembali Tv nya ternyata Jreng.. kali ini penyakitnya ketemu berada pada bagian 12v itu.
akhirnya layar pun bisa kinclong kembali :)
  


Tegangan +12V pada TV tabung jadul biasanya dipergunakan untuk tegangan Drive dari mulai Drive Horisontal, vertikal , bahkan Tegangan IC regulator untuk vcc 8v bahkan vcc 5v, maka tak heran dampaknya akan sangat besar sekali..

Sekian... semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf, Terima Kasih.

https://www.blogger.com/follow.g?blogID=9042706371247289727


Cetak Halaman Ini Cetak Halaman Ini

Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer Lainnya

Servis TV TCL Model 21M83 Mati Standby

Cara Mendownload file via Rapidgator

Power Supply IC OP AMP IC 4558, NE5532, TL072, LM358