Cara menginstal scanner tanpa setup

walau banyak macamnya, tentunya di telinga kita sudah tak asing lagi dengan benda yang satu ini, bisa yang kita fahami itu scanner di rumah sakit yang biasa dipakai sebagai alat scan organ tubuh, atau di dunia perbankkan alat yang biasa dipakai dalam membedakan uang asli dan uang palsu, atau pun di dunia keamanan seperti alat scanner/detektor logam dan alat untuk mengenali dokumen asli atau palsu atau pun juga bisa pada dunia pertahanan seperti Scanner radar kapal perang dsb.

namun pada halaman ini "Scanner" yang dimaksud adalah Scanner Imaging. Scanner Imaging adalah sebuah alat/accesories komputer yang berfungsi untuk memasukan sesuatu yang sifatnya imaging/gambaran seperti gambar, foto, dokumen text, menjadi sebuah "File gambar" pada komputer.

 
Gambar 1.1 : Contoh Scanner 

Dalam sejarah penciptaannya, Scanner Accesories komputer itu berdiri sendiri ditemukan oleh seorang ilmuwan asal amerika serikat yang bernama Raymond Kurzweil dan timnya pada tahun 1975, sebagai bentuk terobosan pengembangan teknologi dari photography, fotokopi dan optical machine yang ditemukan oleh Robert S. Ledley pada tahun 1926, Raymond Kurzweil dan timnya resmi menjadikan alat ini sebagai alat komputerisasi imaging device.

Seiring berjalannya waktu, Mesin Scanner yang beredar banyak pada saat ini sudah disatu paketkan dengan printer. atau yang kita kenal dengan istilah 3 in 1 (Copy-Scan-Print). bahkan ada yang menjadi 4 in 1 dengan ditambahkannya fitur "fax" (faximile). Untuk kedepannya mungkin menjadi 5 in 1 dengan ditambahkannya fitur medsos. yang belum bisa saya bayangkan itu bagaimana kalau seandainya disatukan dengan kompor listrik 😄 (just kidding).


Gambar 1.2 : Contoh Alat Multifungsi (Printer + Scanner+ Fotokopi+Fax)
Untuk mempersingkat bahasan kita kali ini, baiklah akan akan kita ulas bagaimana caranya menginstal Scanner tanpa setup / manual. 
 1. Pertama-tama Kenali Merk dan tipe Scanner anda, sebagai contohpada halaman ini saya akan menginstal manual Scanner/printer dengan Merk "Epson" dengan tipe TX210. dan siapkan Driver Software nya. bisa dari CD Drivernya atau hasil Download.
2.  Lalu masukan dulu kabel usb Scannernya ke komputer. dan untuk scanner pada  printer multi fungsi jangan lupa colokan listriknya dan Nyalakan.. Seandainya pada komputer tersebut belum ada drivernya secara otomatis Windows tidak akan mengenali perangkat tersebut. untuk itu menginstal Driver yang cocok dengan nama dan tipe Scanner tersebut sangat dibutuhkan. 
3. Buka Device Manager, bagi yang belum tahu caranya silahkan klik tautan dibawah ini :
4. Pada Jendela Device Manager carilah device bertanda kuning dengan nama Scanner (Contoh pada gbr "Epson Scanner")
 
 5. Klik kanan di atas list Scanner tersebut, lalu klik "Update Driver Software.

 
 6. Lalu ikuti langkahnya seperti gambar - gambar di bawah ini:
 
 
 7. Carilah letak folder Driver Scanner anda berada, lalu klik "OK"
 
 8. Hasil nya menjadi seperti gbr di bawah ini : lalu klik "Next"
 
 9. Proses instal sedang berjalan, mohon ditunggu..

 
10. Penginstalan Scanner pun sudah selesai, dan Scanner anda siap digunakan klik Close.
 
Begitulah cara instal Scanner tanpa setup / dengan cara manual. 
Kurang lebihnya mohon maaf. hanya sekedar berbagi pengalaman. semoga bermanfaat. 
Jangan lupa Klik
https://www.blogger.com/follow.g?blogID=9042706371247289727



Cetak Halaman Ini Cetak Halaman Ini

Komentar

Artikel Populer Lainnya

Servis TV TCL Model 21M83 Mati Standby

Cara Mendownload file via Rapidgator

Power Supply IC OP AMP IC 4558, NE5532, TL072, LM358