Cara Mudah memperbaiki Fan / kipas DC

Fan/kipas 12v adalah kipas yang sering dan banyak digunakan pada komputer, amplifire, atau alat elektronik lainnya, untuk 1 unit harganya cukup terbilang murah klu dibandingkan sparepart lainnya. fungsinya sangat penting yaitu sebagai pendingin komponen alat-alat elektronik, selain sebagai pendingin (Thermal Conditioner) Fungsi Fan juga adalah sebagai pemompa debu. Kalau lokasinya dekat dengan toko elektronik, sih tinggal beli saja,
namun, adakalanya seorang teknisi, disaat darurat atau jauh dari perkotaaan menemukan servisan elektronik dengan kipas tidak berjalan. bisa karena faktor usia, korosi atau debu.



Untuk yang mengalami hal demikian, ada cara sederhana yang bisa membuat kipas anda berjalan lagi, asalkan PCB dan kumparannya tidak terbakar.  caranya :
  1.  Lepaskan dulu Kipas dari casingnya,
  2. Bersihkan dari debu. dan kotoran yang menempel di sela-sela antara magnet & kumparan, cukup pakai kuas saja. tiuplah bila perlu, tidak boleh pake air atau minyak. Putarkan sampai putaran kipas terasa longgar.
  3. Buka Stiker yang menempel dibelakang kipas, persis seperti gambar di atas. 
  4. Pada Rotor kipas berilah pelumas, bisa oli mesin, gemuk, atau apabila tidak ada sama sekali memakai minyak goreng juga tidak apa-apa.

       5. Tutupkanlah kembali dengan stikernya / bisa memakai isolasi.
       6. Pasangkan kembali pada casing lalu Test, semoga berhasil.

 Jangan lupa Klik :

https://www.blogger.com/follow.g?blogID=9042706371247289727

Cetak Halaman Ini Cetak Halaman Ini

Komentar

Artikel Populer Lainnya

Servis TV TCL Model 21M83 Mati Standby

Cara Mendownload file via Rapidgator

Power Supply IC OP AMP IC 4558, NE5532, TL072, LM358